Merek dagang merupakan salah satu yang paling penting bagi setiap orang yang melakukan bisnis, apabila seseorang menginginkan cepat dalam pemasaran sebuah produk maka harus memiliki merek dagang. Tidak sedikit dari para pebisnis yang mendaftarkan merek dagangnya ke Dirjen HKI. Merek sendiri adalah sebuah bentuk dalam perlindungan HKI yang tentunya paling dekat dengan kehidupan sehari – hari. Merek atau yang biasa kita sebut dengan brand ini merupakan identitas sebuah produk baik barang maupun jasa yang ada dalam sebuah perdagangan. Bukan hanya sebagai identitas saja, sebuah merek juga memiliki peran penting dalam urusan mewakili sebuah produk maupun perusahaan yang membuat produk tersebut. Tak ayal jika sebuah merek atau brand sangat penting perannya dalam memasarkan sebuah produk atau jasa.
Hal penting yang perlu anda tahu, bahwa dalam pendaftaran sebuah merek dagang dalam mendapatkan Hak Merek bukanlah semata – mata hanya izin untuk memakai merek dagang tersebut. Setiap orang memiliki hak untuk menggunakan merek apapun, baik terdaftar maupun tidak, selama merek yang anda gunakan tidak sama dengan merek dagang punya orang lain dengan kelas dan juga barang atau jasa yang memiliki kesamaan. Nah, apabila merek daftar anda terdaftar, maka anda bebas dan bisa melarang orang lain menggunakan merek dagang yang anda miliki. Suatu bentuk perlindungan yang diberikan HKI yang memberikan hak istimewa bagi para pemilik merek yang terdaftar untuk memakai merek mereka dalam perdagangan, dan sesuai dengan kelas dan jenis barang atau jasa yang terdaftar, dan inilah yang dimaksud dengan merek dagang.
Pentingnya Cek Status Merek Dagang
Di Indonesia sendiri sudah banyak merek dagang yang dipakai untuk suatu usaha. Anda tentunya ingin merek dagang anda tidak dimiliki atau mungkin merek dagang anda mempunyai kesamaan dengan yang lain, untuk itu penting adanya penelusuran merek, agar merek dagang yang anda miliki tidak sama dengan yang lain. Untuk itu anda harus melakukan cek status pendaftaran merek untuk mengetahui merek dagang yang terdaftar sebelum anda mendaftarkan merek dagang anda.
Apabila anda merasa takut apabila konsumen anda pergi ke pebisnis yang lainnya, maka akan lebih baik jika anda mendaftarkan segera merek dagang anda terlebih dahulu. Dan apabila anda khawatir akan merek anda yang nantinya mungkin dijiplak orang lain, maka lebih baik anda daftarkan terlebih dahulu merek dagang anda ke Dirjen HKI. Segala yang anda khawatirkan akan hilang apabila merek dagang anda sudah terdaftar dan mendapat perlindungan hukum dari Dirjen HKI. Akan tetapi, sebelum mendaftarkan merek dagang anda, anda perlu melakukan pendaftaran penelusuran merek dagang terlebih dahulu, ini merupakan tahapan pertama yang harus anda lakukan.
Pendaftaran penelusuran merek itu sendiri sangat penting dilakukan, hal ini untuk mengetahui apakah merek dagang anda bisa didaftarkan atau tidak. Apabila merek dagang yang akan anda daftarkan itu ternyata sudah dimiliki oleh orang lain, anda harus menggantinya dengan merek lainnya. Oleh sebab itu cek status pendaftaran merek sangat penting dilakukan dan akan sangat membantu anda.
Pendaftaran sebuah merek dagang sangatlah penting dilakukan untuk memberikan perlindungan hukun terhadap merek barang maupun jasa yang anda pasarkan. Anda bisa mengetahui merek dagang yang terdaftar dengan melakukan penelusuran merek dagang. Itulah sedikit ulasan mengenai cek status pendaftaran merek. Semoga dapat membantu anda.