Cara mengecek merek terdaftar cukup mudah dilakukan. Bagi Anda yang akan mengajukan sebuah permohonan merek dagang atas produk Anda, perlu diingat bahwa hal ini juga merupakan salah satu agenda penting yang harus dilakukan untuk sebelumnya. Mengapa?
Sebelum membahas cara melakukan pengecekan terhadap merek dagang yang sudah terdaftar sebelumnya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui mengapa Anda harus mengecek merek dagang yang telah terdaftar terlebih dahulu. Pengecekan ini sebenarnya dilakukan untuk mengurangi kerugian yang dapat ditimbulkan apabila pendaftaran merek dagang Anda ditolak. Selain itu, pengecekan ini juga akan membantu Anda dalam menghindari kemungkinan timbulnya tuntutan hukum, baik hukum pidana maupun hukum perdata, dalam waktu selanjutnya.
Secara terinci, dengan melakukan pengecekan merek dagang pula, Anda akan diberikan gambaran akan keberadaan merek dagang yang sudah terdaftar terlebih dahulu ataupun merek dagang yang sedang diproses pendaftarannya yang memiliki persamaan, baik dalam bagian kecil maupun secara keseluruhannya, dengan merek dagang yang akan Anda daftarkan. Informasi terkait merek dagang tersebut penting karena hal tersebut sangat berkaitan dengan diterima ataupun ditolaknya merek dagang yang akan Anda ajukan. Hal ini sesuai dengan UU No. 15 tahun 2001 tentang Merek, dalam pasal 6 ayat (1) huruf a dan b.
Oleh karena itu, Anda pun harus mengetahui bagaimana cara mengestimasi apakah pendaftaran merek dagang Anda akan ditolak ataukah tidak. Seperti yang sebelumnya, pastikan bahwa tidak ada persamaan dengan merek dagang yang telah terdaftar maupun yang sedang dalam proses pendaftaran. Persamaan yang dimaksud adalah adanya kemiripan yang memunculkan kesan yang sama antar produknya. Kemiripan tersebut dapat meliputi kemiripan pada bentuknya, susunan warnanya, cara penempatannya, cara penulisan unsurnya maupun dalam bunyi pengucapannya. Apabila ada salah satu unsur yang memiliki persamaan, maka kemungkinan besar pendaftaran merek dagang Anda akan ditolak.
Namun, apabila hasil pengecekan dan penelusuran Anda membuahkan hasil yang cukup bagus, maka Anda tak perlu ragu untuk mendaftarkan merek dagang produk Anda. Selalu pastikan bahwa minimal Anda yakin bahwa risiko tertolaknya merek dagang yang akan Anda daftarkan dengan merek dagang yang terdahulu tidak terlalu mengkhawatirkan. Setelah itu, segera bergegaslah untuk mendaftarkannya, supaya tidak memunculkan pesaing lainnya yang dapat memperbesar risiko penolakan pendaftaran merek dagang Anda.
Kembali ke bahasan utama, lantas bagaimanakah cara mengecek merek terdaftar? Anda dapat melakukan pengecekan akan merek dagang yang sudah terdaftar dengan mengakses Fasilitas On-Line Data Merek Indonesia. Fasilitas ini merupakan sebuah fasilitas dengan media online yang telah dibuat oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Cara penggunaannya yang cukup mudah akan membantu Anda menelusuri merek dagang yang sudah terdaftar di Ditjen HKI tersebut. Silakan membuktikannya sendiri. Anda hanya perlu mengunjungi website Kementrian Hukum dan Hak Asasi. Jika masih merasa kesulitan, Anda dapat menghubungi email yang tertera disana untuk memperoleh informasi yang lebih jelas.
Selian itu, apabila Anda tidak dapat menggunakan internet untuk mencari merek dagang yang sudah terdaftar sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan cara komunikasi lainnya.