Manfaat Penerapan Sertifikasi ISO 9001:2015

Manfaat Sertifikasi ISO

Manfaat Sertifikasi ISO. Sertifikasi ISO 9001 akan memberikan manfaat maksimal kepada organisasi Anda jika organisasi anda menjalankan ISO 9001 dengan cara yang benar dan praktis. dengan implementasi yang benar Ini, akan memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang diadopsi, bekerja untuk meningkatkan bisnis dan bukan hanya satu set prosedur yang disimpan dan dipajang saja, dan dipakai pada saat ada audit.

Dengan mengadopsi pendekatan proses yang baik dengan praktek kerja lebih efisien dan berfokus pada tujuan bisnis organisasi, Anda akan mencapai sebuah sistem yang akan membantu dan mendukung organisasi Anda, dalam meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Sertifikasi ISO 9001 tidak hanya cocok untuk organisasi besar tapi juga usaha kecil yang akan mendapatkan keuntungan dari mengadopsi Sistem Manajemen Mutu yang efisien yang akan menghemat waktu dan biaya, meningkatkan efisiensi dan pada akhirnya meningkatkan hubungan pelanggan yang saling menguntungkan

Manfaat Penerapan ISO 9001:2015 bagi Organisasi diantaranya adalah :


1.Jaminan Kualitas Produk dan Proses.

Jaminanadalah aset pihak peminjam yang dijanjikan kepada pemberi pinjaman jika peminjam tidak dapat mengembalikan pinjaman tersebut. Jika peminjam gagal bayar, pihak pemberi pinjaman dapat memiliki agunan tersebut.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.

Kepuasan konsumen adalah sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan pembeli. Bila kinerja produk lebih rendah ketimbang harapan pelanggan, maka pembelinya merasa puas atau amat gembira.

3. Meningkatkan produkstivitas Organisasi.

Produktivitas merupakan istilah dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran (output) dengan masukan (input).

4. Meningkatkan Hubungan Yang saling menguntungkan.

Hubungan adalah kesinambungan interaksi antara dua orang atau lebih yang memudahkan proses pengenalan satu akan yang lain.

5. Meningkatkan cost Efisiense.

Cost efficiencyatau sering juga disebut cost-cutting merupakan merupakan inisiatif yang biasa dilakukan oleh pebisnis untuk meningkatkan keuntungan (profit).

Memaksimalkan Manfaat Penerapan ISO 9001:2015 Bagi Perusahaan Dengan Cara :

1.Kerjasama/ Teamwork semua karyawan dan pimpimnan.

Kerja sama, atau kooperasi merujuk pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.

2. Support dari Top Management.

Definisi Support adalah zona atau level dimana terdapat kecenderungan harga kembali naik, karena kecenderungan dari para pembeli yang lebih banyak daripada penjual. Demand lebih banyak dari Supply. Support juga bisa disebut level dimana level tersebut bisa menghambat harga akan turun lebih rendah karena harga sudah jenuh jual.

3. Kesamaan Tujuan penerapan iso 9001:2015.

Tujuan merupakan realisasi dari misi yang spesifik dan dapat dilakukan dalam jangka pendek
Tujuan merupakan pernyataan tentang keadaan yang diinginkan di mana organisasi atau perusahaan bermaksud untuk mewujudkannya dan sebagai pernyataan tentang keadaan di waktu yang akan datang di mana organisasi sebagai kolektivitas mencoba untuk menimbulkannya.

4. komitment menjalankan apa yang sudah disepakati.

komitmen merupakan keyakinan anggota dalam menerima setiap tujuan organisasi dan memiliki kemauan untuk tinggal bersama atau pun meninggalkan perusahaan yang akhirnya tampak dari ketidakhadiran atau pun dari angka perputaran anggota.

5. Tindakan perbaikan dan peningkatan berkelanjutan.

Pengertian dari perbaikan itu sendiri adalah usaha untuk mengembalikan kondisi dan fungsi dari suatu benda atau alat yang rusak akibat pemakaian alat tersebut pada kondisi semula.
Kata peningkatan juga dapat menggambarkan perubahan dari keadaan atau sifat yang negatif berubah menjadi positif.

 

Baca juga :

1. Bagaimana Agar Merk Dagang Di Setujui ?
2. Pentingnya Mendaftarkan Merk Dagang.
3. 10 Pengertian dan Dasar Hukum Tentang Merk.
4. Membangun Merk Perusahaan Jasa.
5. Nestle Bongkar Rahasia Strategi “Branding”-nya.
6. Pengertian dan Macam-macam ISO.
7. Sejarah, Jenis-jenis, Definisi dan Fungsi ISO.
8. Langkah Mudah Mendaptkan Sertifikat ISO.