Sebuah merek dagang akan melindungi sebuah kata, frasa, simbol, atau desain yang berhubungan dengan bisnis dan produk dari penyalahgunaan oleh orang lain. Untuk mendapatkannya, Anda harus memilih sebuah merek yang unik yang belum pernah digunakan dan didaftarkan di United States Patent and Trademark Office (USPTO)/Kantor Hak Paten lokal Anda sebelumnya. Ketika merek Anda sudah disetujui, Anda bisa mengambil langkah hukum jika orang lain mengklaim sebagai milik mereka.

Begini Cara agar merek anda di setujui:

  1. Memilih Sebuah Merek (unik)

merek mencari hki

Merek dibagi menjadi empat kategori berdasarkan tingkat “kekuatan”-nya. Ketika Anda menentukan sebuah merek, pilihlah merek terkuat sebaik mungkin. Berikut adalah kategorinya, dari yang terkuat ke yang terlemah:

  1. Fantastis dan tidak biasa. Merek yang memiliki nama tidak berhubungan dengan produk bisnisnya, membuatnya terlihat tidak umum. Contohnya, menggunakan nama “DROP DEAD” untuk sebuah produk baju(fashion) atau “Apple” untuk sebuah perusahaan handphone.
  2. Berkesan. Merek yang bisa memberi kesan atau gambaran pertama pada sebuah produk atau perusahaan tanpa harus menjelaskan produk atau perusahaan kita. Contohnya, menggunakan merek Shiny Green menandakan sebuah perusahaan yang menjual tanaman-tanaman menjalar.
  3. Deskriptif. Merek yang deskriptif tidak bagus karena hanya berdasarkan tebakan saja, bisa saja hal tersebut membingungkan merek lainnya. Contohnya, menggunakan merek dengan gambar kue untuk sebuah perusahaan kue, atau menggunakan nama Games Forever untuk sebuah perusahaan game.
  4. Umum. Ini adalah jenis merek terlemah dari yang lain, dan tidak cocok untuk digunakan. Kata-kata yang terlalu umum dapat dengan mudah dipikirkan dan digunakan oleh orang lain untuk menggambarkan produk mereka, sehingga merek Anda tidak terlindungi. Contohnya, menggunakan nama Lip Balm untuk sebuah perusahaan yang menjual Lip Balm.
  1. Pastikan merek Anda memenuhi kualifikasi lainnya

merek pasti hki biro

Terdapat beberapa keadaan di mana badan hak paten setempat bisa saja menolak permohonan sebuah merek dagang. Jangan gunakan hal-hal di bawah ini ketika mengajukan sebuah merek dagang:

  1. Sebuah nama panggilan atau nama lengkap seseorang.
  2. Tidak sopan.
  3. Menjelaskan asal geografis sebuah barang atau jasa.
  4. Terjemahan bahasa asing yang terlalu umum dan deskriptif.
  5. Judul sebuah film atau buku
  1. Cek apakah merek Anda sudah ada yang memakainya atau belum.

work hki biro

Anda bisa mengecek apakah merek anda sudah ada yang menggunakannya atau belum secara daring melalui Trademark Electronic Search System (TESS) yang ada di situs USPTO, atau melalui pengecekan pada kantor merek dagang lokal Anda. Pastikan Anda mengeceknya dengan teliti, karena USPTO akan mengeceknya setelah permohonan Anda diajukan. Jika merek Anda ditemukan telah digunakan, permohonan Anda akan dibatalkan.

Bahkan jika merek Anda tidak sama persis dengan merek lainnya, tetapi berpotensi cukup membingungkan, permohonan Anda bisa dibatalkan. Sebagai contoh, jika Anda mendaftarkan merek High B Lo dan terdapat merek lain bernama Hi Below, mungkin permintaan Anda akan ditolak