8 Langkah “Mudah” Mendapatkan Sertifikat ISO 9001

Hasil gambar untuk iso 9001

Berikut ini kami sampaikan panduan atau langkah-langkah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 yang kami susun dalam format tanya jawab agar lebih mudah dipahami.

Siapa yang mengeluarkan?

Hasil gambar untuk badan sertifikasi

  • Sertifikat ISO 9001:2008 dikeluarkan oleh lembaga yang disebut badan sertifikasi. Badan sertifikasi yang eksis di Indonesiacukup banyak. Sebut saja diantaranya Sucofindo, SGS, BVQI, Lloyd, DQS, MSA,  dll. Lihat link yang kami sediakan di sisi web konsultan iso untuk melihat berbagai badan sertifikasi dan link websitenya.

 

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat ISO 9001?

Hasil gambar untuk syarat

Ada dua syarat untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:

  1. Telah menerapkan sistem manajemen mutu IS0 9001:2008 sekurang-kurangnya tiga bulan.
  2. lulus audit sertifikasi.

Bagaimana mekanisme mengajukan audit sertifikasi?

Hasil gambar untuk mekanisme pendaftaran iso

  • Setelah organisasi anda menerapkan ISO 9001 sekurang-kurangnya 3 bulan, anda boleh mengajukan diri untuk diaudit ke badan sertifikasi yang dipilih. Badan sertifikasi akan meminta anda untuk mengirimkan dokumen ISO 9001 seperti  pedoman mutu, kebijakan mutu, sasaran mutu, 6 prosedur wajib, prosedur kerja departemen / bagian. Anda juga diminta untuk mengirimkan bukti pelaksanaan internal audit dan rapat tinjauan manajemen

 

Berapa lama proses audit sertifikasi? 

Hasil gambar untuk waktu

  • Lamanya waktu audit ditentukan oleh ruang lingkup dan bidang pekerjaan anda. Biasanya, audit dilakukan dalam 2 stage; stage 1 untuk memeriksa pemenuhan persyaratan dokumentasi, stage 2 untuk memeriksa pemenuhan persyaratan implementasi secara keseluruhan.

 

Bagaimana standar kelulusan untuk audit sertifikasi?

8 langkah mudah sertifikasi iso

  • Organisasi anda dinyatakan lulus jika tidak ada temuan yang bersifat majour (fatal). Temuan yang bersifat majour terjadi karena adanya sistem yang tidak berjalan sama sekali atau ada persyaratan ISO 9001 yang tidak diterapkan tanpa alasan. Temuan lain disebut minor dan observasi. Temuan minor terjadi bila organisasi anda hanya tidak konsisten dalam menjalankan sistem atau hanya sebagian persyaratan yang diterapkan dari yang seharusnya. Adapun temuan observasi hanya bersifat saran-saran perbaikan. Temuan minor dan observasi tidak menyebabkan kegagalan melainkan hanya perlu perbaikan-perbaikan kecil saja.

Berapa lama sertifikat ISO 9001 diterima dari dinyatakan lulus?

Hasil gambar untuk lulus

  • Anda diwajibkan untuk melakukan perbaikan terhadap temuan-temuan yang disampaikan terlebih dahulu sebelum proses pencetakan sertifikat. Setiap badan sertifikasi memiliki lama waktu pencetakan sertifikat yang berbeda-beda mengingat ada beberapa badan sertifikasi yang menginduk ke luar negeri. Pengalaman kami, waktunya berkisar antara 2 minggu sampai 1 bulan.

 

Berapa lama masa berlaku sertifikat ISO 9001?

Hasil gambar untuk masa berlaku

  • Sertifikat ISO 9001 : 2008 berlaku untuk 3 tahun. Setelah 3 tahun, anda akan diaudit re-sertifikasi. Dalam masa 3 tahun, anda akan diaudit dalam periode tertentu (6 bulan sekali atau setahun sekali) yang disebut dengan surveilance audit.

Berapa biaya sertifikasi ISO 9001 : 2008?

Hasil gambar untuk biaya'

  • Biaya sertifikasi ISO 9001 berbeda-beda tergantung bidang pekerjaan dan besar organisasi anda. Setiap badan sertifikasi memiliki standar harga yang berbeda-beda.Namun yang jelas, ada 2 komponen biaya yang harus anda bayar :
    1. biaya audit sertifikasi.
    – Dikeluarkan di awal.
    2. biaya audit surveilance
    – Dikeluarkan dalam jangka waktu tertentu (6 bulan sekali atau setahun sekali).Sertifikat ISO 9001 dapat didapatkan dengan mudah bila anda telah secara konsisten menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008. Bila anda membutuhkan jasa konsultan iso yang mudah, murah, cepat dan profesional, jangan sungkan untuk menghubungi kami, konsultan ISO yang membantu anda dalam memperoleh sertifikat ISO 9001.

 

Baca juga :

1. Bagaimana Agar Merk Dagang Di Setujui ?
2. Pentingnya Mendaftarkan Merk Dagang.
3. 10 Pengertian dan Dasar Hukum Tentang Merk.
4. Membangun Merk Perusahaan Jasa.
5. Nestle Bongkar Rahasia Strategi “Branding”-nya.
6. Pengertian dan Macam-macam ISO.
7. Sejarah, Jenis-jenis, Definisi dan Fungsi ISO.